Selamat Malam, Saya dan teman saya berencana untuk mendirikan CV. Bagaimana cara pendiriannya dan syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi? Terima kasih.
Sebelumnya kami Jaksa Pengacara Negara (JPN) pada Kejaksaan Tinggi Riau menyampaikan ucapan terimakasih kepada saudara yang telah mengajukan pertanyaan melalui aplikasi Halo JPN ini :)
Dasar hukum dari CV diatur pada Pasal 19 KUHD yaitu Perseroan yang terbentuk dengan cara meminjamkan uang atau disebut juga perseroan komanditer, didirikan antara seseorang atau antara beberapa orang persero yang bertanggung jawab secara tanggung-renteng untuk keseluruhannya, dan satu orang atau lebih sebagai pemberi pinjaman uang. Pendirian CV tidak diatur secara khusus di dalam KUHD, akan tetapi oleh karena CV merupakan Firma maka untuk pengaturan CV juga diberlakukan ketentuan pasal 22 KUHD.
Sesuai dengan Pasal 23 KUHD yaitu CV diwajibkan untuk mendaftarkan akta pendirian yang telah dibuat dalam register yang disediakan pada kepaniteraan raad van justitie (pengadilan negeri) daerah hukum tempat kedudukan perseroan itu. Namun untuk melaksanakan pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik maka pemerintah mengeluarkan Permenkumham No. 17 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Perdata, dimana sesuai peraturan ini ada beberapa langkah-langkah yang harus saudara lakukan untuk mendirikan CV yaitu:
Nama CV, Firma, dan Persekutuan Perdata yang diajukan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
2. Membuat akta pendirian
Membuat akta pendirian dilakukan oleh Notaris. Minuta akta pendirian CV yang paling sedikit memuat:
3. Melakukan permohonan pendaftaran CV
Setelah itu Notaris dapat melakukan permohonan pendaftaran CV melalui Sistem Administrasi Badan Usaha yang harus diajukan paling lama 60 (enam puluh) hari terhitung sejak tanggal akta pendirian CV telah ditandatangani.
Adapun dokumen pendukung untuk melakukan pendaftaran yaitu:
4. Penerbitan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) CV
Apabila permohonan pendaftaran diterima Kemenkumham akan menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan notaris dapat langsung melakukan pencetakan sendiri SKT CV menggunakan kertas berwarna putih ukuran F4/folio dengan berat 80 (delapan puluh) gram yang wajib ditandatangani dan dibubuhi cap jabatan oleh Notaris serta memuat frasa yang menyatakan Surat Keterangan Terdaftar ini dicetak dari Sistem Administrasi Badan Usaha. Dalam hal permohonan pendaftaran pendirian, CV tidak dapat diajukan secara elektronik karena disebabkan oleh:
Bahwa Saudara sebagai Pemohon juga dapat mengajukan permohonan secara nonelektronik.
Demikian kami sampaikan, apabila jawaban tersebut masih belum memuaskan atau ada pertanyaan lain yang masih ingin disampaikan. Saudara dapat berkonsultasi secara langsung ke Pos Pelayanan Hukum kami secara Gratis yang berada di Kantor Kejaksaan Tinggi Riau yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 375 Kota Pekanbaru. Salam Sehat dan Salam Semangat. Terimakasih :)
Bagaimana cara menuntut pengembalian