Supported by PT. Telkom Indonesia
Senin, 22 Jul 2024
Quality | Integrity | No Fees
2024-07-05 11:12:51
Pertanahan
PERJANJIAN SEWA MENYEWA

Saya menyewa sebidang tanah yang dipergunakan untuk tempat tinggal dan buka usaha warung kelontong. Kemudian, di lokasi tanah yang saya sewa itu dipasang baliho dengan perjanjian sewa dengan perusahaan advertising tersebut? Apakah saya berhak menyewakan sebagian lahan tersebut untuk dipasang baliho, Jika berhak, siapakah yang berhak mendapatkan hasil dari penyewaan tersebut?
Apakah boleh menyewakan kembali tanah sewa untuk baliho iklan?

Dijawab tanggal 2024-07-05 11:39:51+07

Terimakasih telah menggunakan Pos Layanan Hukum kami melalui website Halo JPN, terkait pertanyaan saudara dapat kami jelaskan sebagai berikut :

 

-      Bahwa Definisi sewa menyewa diatur dalam Pasal 1548 KUH Perdata yang menyatakan: Sewa menyewa adalah suatu persetujuan, dengan mana pihak yang satu mengikatkan diri untuk memberikan kenikmatan suatu barang kepada pihak yang lain selama waktu tertentu, dengan pembayaran suatu harga yang disanggupi oleh pihak tersebut terakhir itu. Orang dapat menyewakan pelbagai jenis barang, baik yang tetap maupun yang bergerak. Kemudia Hal penting yang harus diperhatikan dari pasal mengenai sewa menyewa ini adalah persetujuan yang dapat dilakukan secara lisan maupun secara tertulis dalam bentuk surat perjanjian sewa menyewa. Maka, dalam hal ini, penting untuk dilihat atau diperiksa kembali isi dari perjanjian yang telah Anda dan pemilik tanah sepakati bersama

-      Bahwa apabila Penyewa jika tidak diizinkan, tidak boleh menyalahgunakan barang yang disewanya atau melepaskan sewanya kepada orang lain, atas ancaman pembatalan persetujuan sewa dan penggantian biaya, kerugian dan bunga sedangkan pihak yang menyewakan, setelah pembatalan itu, tidak wajib menaati persetujuan ulang sewa itu. Jika yang disewa itu berupa sebuah rumah yang didiami sendiri oleh penyewa, maka dapatlah ia atas tanggung jawab sendiri menyewakan sebagian kepada orang lain jika hak itu tidak dilarang dalam persetujuan

-      Bahwa yang bersangkutan harus melihat dan memeriksa kembali persetujuan/perjanjian antara yang bersangkutan dan pemilik tanah, apakah terdapat pengaturan mengenai hak yang bersangkutan untuk menyewakan tanah tersebut atau tidak. Apabila yang bersangkutan tetap berkeinginan untuk menyewakan tanah kepada perusahaan advertising, maka yang bersangkutan dapat membicarakan hal ini kepada pemilik tanah dan apabila tercapai kesepakatan maka dapat dilakukan perubahan atau penambahan (adendum) isi perjanjian yang mencakup hak dan kewajiban masing-masing pihak serta pembagian hasil yang disepakati.

 

Demikian jawaban dari kami, untuk konsultasi lebih lanjut bisa mendatangi secara langsung Pos Pelayanan Hukum di Kantor Kejaksaan Negeri Kendal. 

Pelayanan Hukum yang kami berikan kepada masyarakat Gratis/tidak dipungut Biaya.

Jika anda kurang puas dengan jawaban ini, silakan berkonsultasi lebih lanjut dengan Jaksa Pengacara Negara pada
KN. KENDAL
Alamat : Jln. Soekarno-Hatta No. 189 Kec.Kendal Kota Kabupaten Kendal 51311
Kontak : 085179636965

Cari

Terbaru

Hutang Piutang
Cara Penagihan

Bagaimana saya bisa memproses atau ca

Pertanahan
Peralihan Tanah

insyaallah saya akan mendaftarkan tan

Pernikahan dan Perceraian
Pembatalan pernikahan

orangtua saya menjodohkan saya dengan

Hukum Waris
Ahli Waris

Assalmualaikum, Saya mau bertanya men

Hubungi kami

Email us to layanandatun@gmail.com

Alamat

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan - Indonesia
© 2024 Kejaksaan Republik Indonesia.