Selamat siang bapak dan ibu yang berada di Kejaksaan Negeri Gayo Lues, saya ingin bertanya bahwa kami memiliki sebidang tanah yang berasal dari tanah warisan. Namun, tanah tersebut belum mempunyai surat-surat kepemilikan seperti sertifikat tanah, melainkan hanya sebatas pengukuran luasnya saja dan yang mewarisi tanah tersebut sudah meninggal. Pertanyaannya, surat apa saja yang wajib kami miliki jika hendak melakukan jual beli tanah? Bagaimana proses pembuatan akta dan suratnya dan berapa besar biaya yang diperlukan sesuai hukum yang berlaku?
Demikian pertanyaan dari saya, sebelumnya terimakasih atas jawaban bapak dan ibu.
Halo sobat Adhyaksa, terimakasih sudah bertanya melalui aplikasi Halo JPN secara gratis. Kami akan menjawab pertanyaan dari saudara
bahwa berdasarkan informasi yang anda berikan, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan guna mendapatkan surat-surat yang dibutuhkan antara lain :
Bahwa untuk membuktikan seseorang telah meninggal dunia maka diperlukan pencatatan kematian yang dilaporkan oleh ketua Rukun Tetangga (RT) atau nama lainnya di domisili penduduk kepada Instansi Pelaksana setempat, adapun yang dimaksud dengan Instansi Pelaksana adalah perangkat pemerintah kabupaten yang bertanggung jawab dan berwenang melaksanakan pelayanan dalam urusan Administrasi Kependudukan, lalu atas laporan yang diberikan Pejabat Pencatatan Sipil mencatat laporan tersebut pada Register Akta Kematian dan menerbitkan Kutipan Akta Kematian yang dilakukan berdasarkan keterangan kematian dari pihak yang berwenang. Surat kematian juga dapat menjadi bukti untuk mengubah nama kepemilikan dari harta yang diwariskan, keterangan mengenai pewaris dan hak ahli waris, melindungi harta pewaris dan menghindari penyalahgunaan wewenang.
Pada dasarnya pewarisan identik dikaitkan dengan hak kebendaan, kemudian syarat dari terjadinya pewarisan adalah adanya seseorang yang meninggal dunia dan meninggalkan orang yang masih hidup sejumlah harta kekayaan, hal tersebut sejalan dengan Pasal 830 KUHPerdata yang mengatur bahwa pewarisan hanya terjadi karena kematian, dalam hal ini, untuk membuktikan pihak yang berhak atas harta waris yang ditinggalkan oleh seseorang yang telah meninggal (pewaris) karena adanya kematian maka harus dibuatkan Surat Keterangan Ahli Waris. Setelah ditetapkan siapa yang menjadi ahli waris, barulah dapat dibuat surat peralihannya dengan menggunakan prosedur jual beli tanah, maka yang perlu dilakukan adalah membuat akta jual beli, Balik nama sertifikat tanah karena jual beli merupakan bagian dari perubahan data yuridis berupa peralihan hak karena jual beli, peralihan hak atas tanah melalui jual beli hanya dapat didaftarkan jika dibuktikan dengan Akta Jual Beli (AJB) yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Akta juga bisa tidak dibuat oleh PPAT dalam keadaan tertentu yaitu untuk daerah-daerah terpencil yang belum ditunjuk PPAT, melainkan didaftarkan pemindahan hak atas tanah oleh Kepala Kantor Pertanahan, dengan dibuktikan oleh akta yang tidak dibuat oleh PPAT tetapi yang menurut Kepala Kantor Pertanahan tersebut kadar kebenarannya dianggap cukup untuk mendaftar pemindahan hak yang bersangkutan, pembuatan akta jual beli dihadiri para pihak yang melakukan jual beli dan disaksikan minimal dua saksi. Kemudian, selambat-lambatnya tujuh hari kerja sejak ditandatanganinya AJB, PPAT harus menyampaikan akta dan dokumen terkait untuk didaftarkan ke kantor pertanahan setempat.
Menjawab pertanyaan anda terkait tanah yang belum mempunyai surat kepemilikan, maka dapat diajukan permohonan pendaftaran tanah terlebih dahulu, pendaftaran tanah untuk pertama kali dilaksanakan melalui pendaftaran tanah secara sporadik yang dilaksanakan atas permintaan pihak yang berkepentingan. Kemudian kegiatan permohonan pendaftaran tanah untuk pertama kali diproses melalui tahapan kegiatan.
demikian jawaban dari kami semoga bermanfaat dan menjadi solusi untuk permasalahan saudara, namun jika saudara masih mempunyai pertanyaan lain, silahkan datang ke Kantor Pos Pelayanan Hukum di Kejaksaan Negeri Gayo Lues.